Pandemi COVID-19 yang melanda dunia yang memaksa kita beradaptasi dan melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Berada di situasi ini, Kita sebagai guru bisa kita manfaatkan untuk menggali informasi dan meupgrade diri, tapi adanya WFH ini bisa juga membuat kita terlena dan terlalu bersantai menikmati alur yang ada. Mengambil kata dari Mas Menteri Pendidikan “… guru harus siap beradaptasi, siap melakukan perubahan, tidak lagi menunggu perubahan itu terjadi”. Karna sejatinya guru sangat tidak dianjurkan berdiam diri, hanya menonton, terus di suapi dan tetap berada di zona nyaman. Mengutip dari Chanee Kalaweit “Pada saat kita berhenti mengambil resiko, disitulah kita berhenti berkembang.” Memang harus ada yang dikorbankan entah waktu, pikiran atau tenaga
Guru sebagai fasilitator harus menyadari dirinya bukan lagi sebagai
tokoh utama sumber belajar, melainkan orang yang mengatur dan memfasilitasi
masuknya aliran pengetahuan kepada peserta didik. Memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan
mengkomunikasikan kompetensi yang harus dikuasai. Kompetensi yang disampaikan
kepada peserta didik hendaklah materi pelajaran yang kontektual dan bermakna
dalam kehidupannya. Oleh karena itu, hendaknya materi pembelajaran disampaikan
dengan metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan agar pengetahuan
tersebut mampu tersimpan lama. Terdapat berbagai model pembelajaran yang dapat
diterapkan oleh guru untuk menumbuhkan minat, perhatian, bakat, dan kemampuan
siswa dalam memahami materi pelajaran.
Siswa yang sekarang kita hadapi adalah generasi milenial atau generasi Z yaitu mereka yang sangat dekat dengan
dunia digital termasuk game. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan
portal pembelajaran daring yang sering disebut Portal Rumah Belajar dapat
diakses secara gratis pada laman https://rumah.belajar.kemdikbud.go.id setiap
saat selama 24 jam. Portal Rumah Belajar ini diharapkan mampu memfasilitasi
terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan. Didalamnya terdapat fitur baru
yaitu Edugame. Fitur ini menyediakan beragam permainan interaktif yang dapat
dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau
orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa
memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. Tampilannya menarik seperti
komposisi warna yang sesuai, interaktif, terdapat teks, audio, visual dan
animasi.
Portal Rumah Belajar memiliki 22 EduGame di
antaranya;
- Courier Go
- Menata Bola
- Mengumpulkan Telur
- Petualangan Antariksa Vol.1
- Petualangan Antariksa Vol.2
- Snake Chemistry Bonding
- Unsur Adventure
- Coloid Larva
- Match Game Relasi Fungsi
- Memanen Apel
- Memperbaiki Pagar
- Menangkap Balon
- Perang Luar Angkasa
- Mamat Adventure
- Ayo Dokter Kimo
- Belajar Profesi
- Belajar Rambu Lalu Lintas
- Escape From Corona
- Genrurik
- Kenali Covid
- Nyanyuk Adventure
- Pancing Kata
0 komentar