Bermain Sambil Belajar Bersama Rumah Belajar

       Pandemi COVID-19 yang melanda dunia yang memaksa kita beradaptasi dan melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Berada di situasi ini, Kita sebagai guru bisa kita manfaatkan untuk menggali informasi dan meupgrade diri, tapi adanya WFH ini bisa juga membuat kita terlena dan terlalu bersantai menikmati alur yang ada. Mengambil kata dari Mas Menteri Pendidikan “… guru harus siap beradaptasi, siap melakukan perubahan, tidak lagi menunggu perubahan itu terjadi”. Karna sejatinya guru sangat tidak dianjurkan berdiam diri, hanya menonton, terus di suapi dan tetap berada di zona nyaman. Mengutip dari Chanee Kalaweit “Pada saat kita berhenti mengambil resiko, disitulah kita berhenti berkembang.” Memang harus ada yang dikorbankan entah waktu, pikiran atau tenaga

        Guru sebagai fasilitator harus menyadari dirinya bukan lagi sebagai tokoh utama sumber belajar, melainkan orang yang mengatur dan memfasilitasi masuknya aliran pengetahuan kepada peserta didik. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan kompetensi yang harus dikuasai. Kompetensi yang disampaikan kepada peserta didik hendaklah materi pelajaran yang kontektual dan bermakna dalam kehidupannya. Oleh karena itu, hendaknya materi pembelajaran disampaikan dengan metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan agar pengetahuan tersebut mampu tersimpan lama. Terdapat berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk menumbuhkan minat, perhatian, bakat, dan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran.

        Siswa yang sekarang kita hadapi adalah generasi milenial atau generasi Z yaitu mereka yang sangat dekat dengan dunia digital termasuk game. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan portal pembelajaran daring yang sering disebut Portal Rumah Belajar dapat diakses secara gratis pada laman https://rumah.belajar.kemdikbud.go.id setiap saat selama 24 jam. Portal Rumah Belajar ini diharapkan mampu memfasilitasi terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan. Didalamnya terdapat fitur baru yaitu Edugame. Fitur ini menyediakan beragam permainan interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. Tampilannya menarik seperti komposisi warna yang sesuai, interaktif, terdapat teks, audio, visual dan animasi.

Portal Rumah Belajar memiliki 22 EduGame di antaranya;

  1. Courier Go
  2. Menata Bola
  3. Mengumpulkan Telur
  4. Petualangan Antariksa Vol.1
  5. Petualangan Antariksa Vol.2
  6. Snake Chemistry Bonding
  7. Unsur Adventure
  8. Coloid Larva
  9. Match Game Relasi Fungsi
  10. Memanen Apel
  11. Memperbaiki Pagar
  12. Menangkap Balon
  13. Perang Luar Angkasa
  14. Mamat Adventure
  15. Ayo Dokter Kimo
  16. Belajar Profesi
  17. Belajar Rambu Lalu Lintas
  18. Escape From Corona
  19. Genrurik
  20. Kenali Covid
  21. Nyanyuk Adventure
  22. Pancing Kata
        Sangat menarik kan? Tunggu apa lagi langsung kunjungi Portal Rumah Belajar, karena dalam Portal Rumah Belajar terdapat fitur yang gak kalah keren loh. Bisa cek di artikel sebelumnya ya atau di artikel "Apa itu Rumah Belajar?" .  Dengan Rumah belajar, belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portal nya, Maju Indonesia. 

0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...