Guru Anti Mager


Apa yang terlintas dari kata MAGER ?
ya ! MALES GERAK, kejadian ini tidak hanya terjadi pada anak ABG saja loh...
Guru pun bisa mager, mager dalam hal apa nih kira - kira ? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, kita bahas dulu lebih spesifik mengenai mager.

Mager atau procrasination artinya menunda - nunda pekerjaan, dan masih menjadi sebuah persoalan di semua kalangan baik siswa, mahasiswa, guru, dosen dan pekerja lainnya. Sebenernya sesekali mager itu sah sah saja, yang jadi masalah ketika kita terus terusan mager yang mengakibatkan tidak berkembangnya pemikiran seseorang bahkan dapat menghambat belajar dan prestasi seseorang.

Biasanya guru mager dalam 7 hal :
1. Membuat perencanaan
2. Pengembangan diri
3. Melakukan Pengayaan
4. Penelitian Tindakan Kelas
5. Melengkapi Administrasi
6. Penilaian
7. Mempelajari Hal yang baru terutama dalam bidang IT

Alasan kenapa guru jadi mager :
1. Kurang paham IT
2. Banyak kesibukan di luar tugas pokok
3. Kurang paham
4. Terkesan Ribet dalam pengerjaannya
5. Kurang nya Informasi 
6. Sulit memanage waktu
7. Terjebak pada zona nyaman

Nah, di kegiatan berbagi kali ini bertujuan untuk memberantas guru guru mager, dengan mengangkat tema Guru Anti Mager. Terdiri dari 3 Narasumber, Siapa saja ? dan Berbagi tentang apa saja ya kira - kira ?
1. Hikari Yuli, membahas mengenai Blog, dari pembuatan akun hingga tutorial mempercatik blog agar menarik dan sering dikunjungi.
2. Herin Herlina, membahas mengenai guru Youtuber, yang sekarang sedang banyak di gandrungi guru - guru di masa Pandemi.
3. Anisa Ratna Pertiwi, membahas mengenai media pembelajaran menggunakan Instagram Corusel dengan pemanfaatan power point.

Peserta dalam kegiatan ini cukup konsisten dari awal hingga akhir, mencapai 30 peserta. Penyampaian materi blog sangat mendalam hingga para peserta hanyut di dalamnya dan tak terasa 1 jam telah terlewati. Tapi sangat bermanfaat sekali terutama bagi pemula seperti saya. Semoga ilmu yang dibagikan semua dapat menggerakan kemageran yang ada dan kita pun menjadi salah satu guru anti mager.

Berikut Video Cuplikan Webinar Guru Anti Mager Part 2 KLIK DISNI

2 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...