BIMTEK AKM KELAS - Penyusunan Desain Pembelajaran Literasi Numerasi Berorientasi AKM Kelas

AKM kelas dilakukan oleh seluruh kelas untuk kebutuhan belajar anak. Kita harus menjadi pelopor untuk diri kita sendiri. AKM tidak menentukan sebuah kelulusan.
Tujuan AN untuk menunjukan tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid dan memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tadi.

Capaian AN : 
Assesmen, hasil belajar, kualitas pembelajaran, informasi.

Instrumen AN : 
1. AKM literasi dan numerasi
2. Survey Karakter Murid (Profil Pelajar Pancasila = beriman, kebinekaan, mandiri, kritis, kreatif, gtong ryong)
3. Survey Lingkungan belajar

Ciri Soal AKM :
*PG, PG Kompleks, Menjodohkan, Isian singkat, uraian
*Pengetahuan 20%, aplikasi 50%, penalaran 30%
*Konteks soal terdri dari personal, sosial budaya, sains
*Teks disertai ilustrasi, infografis dan multiteks
*Terdapat soal dgn jwban terbuka

Peserta AN :
*KS
*Guru
*Murid Kelas 5, 8, 11 (sampel 30 orang, cadangan 5 org dgn proses pengajuan. tdk ada jdwal susulan)
Miliki akun guru untuk isi survey lingkungan. 

Pelaksanaan AKM :
Hari pertama : literasi, surrvey karakter
Hari kedua : numerasi, survey lingkungan
Harus terbagi 2 sesi : per 15 komputer(org)
Infrastruktur TIK : semi online lebih aman

Soal AKM berbasis konteks tidak kd walaupun ada beberapa kd 13 yang pasti masuk maka disebutnya minimum.

AKM kelas diselenggarakan oleh setiap kelas, dan proktornya walikelas masing - masing. Tugasnya :
1. Menginput data anak
2. Mengeprint token peserta
3. Menjadwal
4. Menyusun soal akm (pisa, steams, timss)

Pelaporan individu tidak ada, yang ada rapor sekolah. Siswa siswi yang terpanggil AKM ikut pula di AKM kelas karena tujuannya berbeda. Diharapkan siswa mencapai CAKAP dan MAHIRSekolah diharapkan mampu menerapkan teaching at right level (AKM) dan fokus pada karakter murid.
Every teacher every reader 
Ketermpilan yang dibangun bukan membaca single teks tapi multipel teks (diagram, tabel, infografis) di dalamnya ada proses berpikir.
Guru wajib refleksi diri. Terkadang kita perlu dipaksa untuk berubah.

Mengapa harus ada AKM ? 
1. Tuntutan Kebutuhan Kompetensi & Kecakapan Abad 21
2. Rendahnya kemampuan siswa

Jenis AKM : 
AKM nasional, AKM kelas, AKM sertifikasi.

AKM kelas : 
1. Fungsi formatif untuk memahami hasil belajar 
2. Diikuti oleh Kelas 2 SD - 12 SMA/SMK
3. Jadwalnya serentak setiap satuan pendidikan secara mandiri
4. pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas
5. Pemakaiannya bisa laptop / hp

Kompetensi AKM :
Literasi membaca : konteks (teks informasi dan sastra)
Konten (personal, sosbud, saintifik)
Proses kognitif (menemukan, interpretasi, integrasi, evaliasi, refleksi informasi)

Prinsip - prinsip diferensiasi dalam pembelajaran : 
1. Sebuah lingkungan yang mendukung
2. Kurikulum berkualitas
3. Assesmen yang bermakna
4. Pengajaran yang merespon perbedaan
5. Kepemimpinan siswa yangg rutin

Dokumentasi Kegiatan BIMTEK

Bandung, 6 Oktober 2021 @SDN 196 Sukarasa, Kec. Sukasari Kota Bandung

0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...