NGOBRAS bareng Sahabat Rumah Belajar

        Apa sih NGOBRAS ? jahit menjahit ? Eits... bukan ! Ngobras artinya Ngobrol Asyik. Nah, ngobrolin apa kira - kira ? 3 Sahabat Rumah belajar asal Jawa Barat ini termasuk saya Ngobrol Asyik mengenai Portal Rumah Belajar dan pembelajaran interaktif menggunakan nearod. Kami bertiga menggunakan zoom dan peserta Ngobras mencapai 30 orang dari 60 orang pendaftar. Kegiatan Ngobras ini diadakan saat jam - jam rawan tepatnya pukul 13.00 Hari Rabu, tanggal 14 Oktober setelah saya melakukan sosialisasi tatap muka di sekolah paginya.



        Kegiatan Ngobras diawali dengan sambutan dari DRB Terkreatif Tahun 2020 asal Jawa Barat yaitu Bapa Asep Panji Lesmana atau dikenal dengan sebutan Aspal seperti yang di cantumkan dalam akun youtube nya "Aspal Edu & Aspal Game". Sambutan beliau cukup mengkompori semangat kami dalam berbagi.


       Saat itu Ibu Anggun (SRB Jabar - kab. Bekasi) berbagi mengenai Fitur utama dari Portal Rumah Belajar, yang terdiri dari Sumber belajar, Kelas Maya, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Sedangkan Fitur Pendukung di jelaskan oleh saya sendiri dengan mempraktikan secara langsung, mulai dari cara pengoperasian Peta Budayanya, Wahana Jelajah angkasanya, Karya Bahasa dan Sastra yang bisa dijadikan bahan literasi, PKB dengan sistem SimpaTIKnya, BSE (Buku Sekolah Elektronik) dan Edugame. Setelah itu saya pun mengingatkan kembali mengenai pemanfaatan kuota belajar untuk Rumah Belajar yang dapat diakses dimanapun, kapanpun dan dengan siapa saja.

        Ibu Ika penampil terakhir berbagi mengenai nearpod, dan berhasil menarik perhatian peserta. Karena dengan nearpod siswa akan nyaman dan berlama - lama di zoom walaupun tidak menampilkan diri dan berbicara di kamera dan masih bisa interaktif menjawab pertanyaan atau diskusi yang dibuat guru. Jenisnya soal dan bentuknya pun beragam. Kita sebagai guru bisa memantau pekerjaan siswa secara keseluruhan, tapi siswa nya sendiri hanya mampu melihat pekerjaannya sendiri.

        Acara Ngobras bisa dibilang sukses, karena sedikitnya hambatan yang ada ketika acara. Tiap - tiap narasumber lancar dalam penyampaian dan bisa mepraktikan langsung, hanya diakhir - akhir penjelasan nearpod yang agak kesulitan melakukan tutorialnya karena sinyal dan berbarengan dengan merecod. Selebihnya peserta antusias dan memberikan respon positif terhadap acara Ngobras yang berlangsung dari pukul 13.00 hingga 15.30 dengan tidak terasa lamanya. Hingga para peserta pun masih tetap stay bahkan menunggu tutorial pemakaian nearpod itu sendiri. Adapun evaluasi dari kegiatan ini adalah menginformasikan ulang kepada para pendaftar supaya bisa mengikuti kegiatan tepat jadwal.

Berikut Dokumentasi Ngobras

  

  




0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...