Bukan sekedar Sosialisasi



        Berbagi pada orang disekeliling kita akan lebih terasa kebermanfaatannya, kalimat itulah mungkin yang tepat untuk perjalanan saya kali ini. Hari dimana saya berbagi dimulai dengan rasa semangat yang timbul karna banyak nya dorongan dari rekan - rekan kerja saya. Sosialisasi dengan saya sendiri sebagai narasumber nya adalah pengalaman pertama. Sosilaisasi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020 dengan mengusung tema "Peningkatan Kreatifitas Pendidik dalam membuat Video Pembelajaran dan Rumah Belajar."

        Sebelum kegiatan ini terlaksana, saya konsultasi pada Ibu Kelapa sekolah beserta pengawas. Respon positif pun di dapati dan mendapatkan tindak lanjut kedepan mengenai program sosialisasi ini dengan mengadakan semacam workshop di wilayah Zona A (kumpulan beberapa KKG). Bapak pengawas mengarahkan saya untuk melapor pada pihak dinas agar jalan saya menebarkan energi positif ini semakin kuat dan meluas. Sejalan dengan pentingnya keterapilan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik yaitu video pembelajaran dan cara mengajar yang variatif yaitu dengan pemanfaatan portal Rumah Belajar.

            Kegiatan sosialisasi yang diadakan di sekolah di hadiri oleh 15 Guru, yaitu  1 Kepala Sekolah, 11 wali kelas, 1 guru agama, 1 guru olahraga dan 1 guru TU. Seperti biasa kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC, do'a, sambutan Kepala Sekolah dan langsung pemaparan materi oleh saya sendiri. Materi pertama yang saya sampaikan mengenai Portal Rumah Belajar, dari penjelsan Fitur Utama, Fitur Pendukung, Mendownload Apliasi Rumah Belajar di HP, dan Praktek Langsung semua Fitur yang ada pada Portal Rumah Belajar.

            Antusias sangat tinggi, apalagi di sisipkan kegiatan Ice breaking dan doorprize. Sesi ke dua saya berbagi mengenai video pembelajaran, dengan judul "Guru Kekinian". Mengapa? Guru Kekinian ini di bahas karna sedang hangat - hangat nya dan tepat berada pada zamannya. Apalagi anak didik kita ini sekarang adalah generasi milenial, generasi Z dimana mereka sangat dengan dengan teknologi digital, game termasuk medsos. Lantas apa kita mau berdiam saja sebagai guru ???

             Kegiatan Sesi tiga tak kalah menarik nya dengan sesi sebelumnya, karna kegiatannya mengajak seluruh peserta tampil didepan kamera berlatar greenscreen. Peserta mengacu pada teks yang diberikan, berisikan opening, menyemangati siswa, mengingatkan protokol kesehatan dan penutup. Tak sedikit yang grogi dan mengulang, Tak sedikit pula yang ketagihan dan penasaran dalam cara pengeditannya. Kegiatan pun diakhiri dengan foto dan makan bersama. Evaluasi dari kesiatan sosialisasi tatap muka di SDN 100 Cipedes adalah waktu, tidak cukup 1 hari untuk sampai ke proses sosialisasi editing video pembelajarannya.

Berikut dokumentasi kegiatan sosialisasi




   

    






Dokumentasi Sosialisasi Tatap Muka


Flayer Sosialisasi Tatap Muka

     
Spanduk Sosialisasi Tatap Muka




1 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...