Apakah Konferensi Video Efektif ?

Pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan belajar mengajar atau bekerja dari rumah menggunakan platform video konferensi. membuat banyak aplikasi teleconference menjadi booming karena hampir seluruh penduduk dunia menggunakan aplikasi meeting online untuk tetap terhubung. Perangkat lunak video conference menjadi kebutuhan yang mengalami demand yang tinggi sebagai satu- satunya alternatif yang paling aman dan terbukti dapat diandalkan dibandingkan untuk tetap ke kantor ditengah wabah.

Secara teori video conference juga mampu mengatasi masalah geografis karena setiap orang bisa terhubung tanpa harus memikirkan jarak. Permasalah komunikasi dapat terpecahkan dan pekerjaan juga dapat dikirim melalui email. Bahkan tidak hanya rapat kantor, dengan menggunakan video conference ini, juga dapat melakukan seminar web (webinar) maupun pelatihan dengan mengundang banyak peserta dan kegiatan belajar mengajar didalamnya. Banyak kelebihan dan keuntungan yang saya rasakan ketika menggunakan konferensi video terutama untuk bidang pendidikan. Berikut pengalaman yang dirasakan ketika menggunakan konferensi video dari segi kelebihannya :

1.Meningkatkan produktivitas karena kemampuan VTC untuk berbagi dokumen, ide atau gambar dengan mudah.

2.Mengefektifkan waktu.

3.Tak keluar biaya transport atau biaya lainnya bagi penyelenggara webinar

4.Bisa merangkul banyak peserta dari mana saja dan kalangan mana saja.

5. Bisa dilakukan dimana saja, kapan saja.

Dari kelebihan tersebut tak sedikit kekurangan dari konferensi video yang saya alami selama ini, baik menjadi penyelenggara atau peserta, yaitu :

1.      Koneksi Jaringan Internet atau Sinyal

2.      Biaya untuk membeli platform dengan fitur lengkap

3.   Tidak dapat diulang apalagi jika kapasitas memori tidak cukup untuk merecord

4.      Peran di rumah, terkadang menjadi terkendala, bisa saja berbentrokan dan menjadi tidak fokus dalam menyimak.

    
Dari pengalaman diatas memang pertemuan online ini memberi dan membawa manfaat nyata karena konferensi video ini untuk pertukaran komunikasi dan rasa komunitas juga tetap terjaga meski hanya dapat dilihat dalam bentuk visual serta audio juga bisa efisien, praktis, aman apabila fitur pendukung seperti koneksi jaringan internet yang mumpuni, kuat, lengkap dan tersedia.

0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...