SELALU ADA YANG PERTAMA UNTUK SEGALANYA


        Pertama kalinya berbagi dan menjadi seorang pemateri dalam suatu video converence. Perasaan sungguh campur aduk tapi banyak bahagianya. Pengalaman berharga ini diadakan melalui Stream Yard bersama guru - guru hebat se Jawa Barat dalam kegiatan BASAJAN (Balad Sahabat Rumah Belajar Nepungan) yang digagas oleh para DRB Jawa Barat.
Sebelum bahas lebih lajut, apa sih DRB?
DRB adalah Duta Rumah Belajar, yaitu orang - orang hebat yang terpilih melalui kegiatan PembaTIK, seperti yang sedang saya ikuti sekarang. Kegiatan BASAJAN ini di bagi menjadi 6 tim, 1 tim nya terdiri dari 5 peserta SRB dan di dampingi oleh 1 orang DRB. Kebetulan sekali tim saya yang tampil di hari Kamis kemarin lebih tepatnya tanggal 24 September 2020 di dampingi oleh Ibu Juju Julaeha, beliau adalah sosok yang sangat menginspirasi saya selama ini. Tim kamis atau tim BASAJAN 2 ini sangat beragam tapi care satu sama lain. Kesepakatan kami mengusung tema "Pemanfaatan Teknologi di tengah Masa Pandemi" ini tidak lain karena materi dari setiap orang nya yang sangat beragam dan dapat dijadikan solusi juga inspirasi di masa pembelajaran jarak jauh.

1. Pembelajaran melalui Video Conference,Televisi dan Radio di Masa Pandemi COVID-19
2. Pembelajaran melalui Medsos berintegrasi rumah belajar
3. Mengapa harus Video Pembelajaran?
4. Articulate Story Line untuk Media Pembelajaran Interaktif
5. Classcraft : Gamifikasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Saat Pandemi.

        Berbagi disini di fokuskan pada keahlian masing - masing pemateri. Sudah banyak orang yang tau bahwa passion saya memang lebih kepada video pembelajaran, maka saya membawakan materi tersebut dengan judul "Mengapa Harus Video Pembelajaran?"
Memuat Tips Pengoptimalan Video Pembelajaran dan tentunya alasan penggunan video pembelajaran sebagai solusi terbaik di masa PJJ ini.


        Sebelum pelaksanaan tentu ada yang namanya perencanaan. Apa saja yang harus di rencanakan? Sebagai tim tentunya berkoordinasi mengenai urutan tampil, yang menjadi Host dalam acara, siapa Moderatornya, siapa operatornya, mengaitkan materi yang satu ke materi selanjutnya sampai mengatur jadwal latihan. Ini penting demi kelancaran acara dan mengantisipasi dari hal hal yang tidak diinginkan, misalnya share screen tidak muncul atau sinyal tidak stabil.
            Saat itu yang menjadi Host ialah Ibu Mustica Anggun dari bekasi SDN ....... 01, Moderator 1 saya sendiri dan Moderator 2 nya dipegang oleh Ibu Hijrah dari Kabupaten Sumedang SDN ....... 01 kemudian Pak Irfan dan Bu Ika menjadi operator. Apa tugas operator disini? mengatur tampilan layar, dan share screen. Tentunya tim kami sudah 3x latihan menggunakan stream yard ini, tidak lain agar kita beradaptasi dan mengetahui fitur - fitur yang ada.
        Tibalah disaat pelaksanaan, 2 jam sebelum acara dimulai kami mengadakan gladi terlebih dahulu sambil saya mengecek sinyal. Kebetulan ketika di BASAJAN 2 ini saya berbentrokan dengan kegiatan lainnya di Banjaran yaitu kegiatan Musyawarah Pengurus Forum Kerja Kelompok Guru (FKKG) Kota Bandung. Untungnya semua sangat mendukung, baik anggota BASAJAN 2 maupun anggota FKKG. Degdegan pasti, tapi semua itu harus diredam agar menampilkan yang terbaik dan menyampaikan dengan tenang. Kendala teknis ? tentu ada, kelndala tersebut dialami oleh pa irfan penampil setelah saya. Beliau tidak bisa share screen, tapi bisa sangat diatasi dengan penyampaian beliau yang sangat tenang.       Tim BASAJAN 2 memang saling bantu dan support satu sama lain. Entah perasaan apa ini, tapi yang jelas kegiatan BASAJAN ini bikin nagih. Semoga dalam waktu dekat ini saya bisa berbagi kembali baik itu lingkup sekolah, gugus, kota, provinsi, nasional ! Tidak ada yang taukan takdir seseorang kedepannya... Seperti sekarang saja, saya masih tidak menyangka bisa berada dilingkungan guru - guru hebat yang mau bergerak, terus berlali dan semangat menimba ilmu baru.

Berikut flayer Basajan 2


0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...