Perlu Belajar SIBI ?

 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui SIBI itu apa sih ? Baru dengar? Belum tahu? Asing ditelinga ?

SIBI adalah sistem isyarat bahasa indonesia yang menggunakan abjad sebagai panduan bahasa isyarat tangan satu.

BAHASA ISYARAT merupakan media komunikasi yang dilakukan oleh mereka sebagai Teman tuli agar maksud pembicaraan bisa tersampaikan dengan baik.

Teman Tuli sendiri adalah mereka yang mengalami gangguan fungsi pendengaran, baik yang bersifat bawaan (sudah ada sejak lahir) dan adventif (terjadi setelah dilahirkan) yang bisa diakibatkan seperti dampak dari suatu penyakit ataupun cedera fisik.

Bahasa Isyarat di Indonesia ada dua, yaitu: 
Sistem Isyarat  Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo).


Kenapa SIBI ? 

   SIBI diciptakan dengan beberapa alasan, di antaranya untuk merepresentasikan Bahasa Indonesia pada tangan, untuk mengajarkan Bahasa Indonesia secara yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), dan karena mudah dipelajari oleh orang yang sudah bisa berbahasa Indonesia.
  SIBI dibuat oleh pemerintah tanpa melibatkan tuli dan dasar pembuatannya mengacu pada Bahasa Indonesia lisan. SIBI dibuat hanya dengan mengubah Bahasa Indonesia lisan menjadi Bahasa Isyarat namun kosa kata isyaratnya banyak diambil dari bahasa isyarat Amerika. Tata bahasa yang digunakan dalam Bahasa Isyarat mengikuti Bahasa Indonesia yang mengandalkan urutan kalimat dan satu isyarat untuk kata-kata berhomonim.
   Beberapa teman tuli ada yang memakai SIBI ada pula yang memakai BISINDO, tergantung kenyamanan, situasi dan kondisi. Kita sebagai teman dengar bebas mendalami yang mana, tapi dalam sekolah formal yang diajarkan lebih kepada SIBI. Agar kita bisa berkomunikasi dan tahu apa yang mau di sampaikan dari teman tuli ke teman dengar maka sedikitnya teman dengar harus bisa berbahasa isyarat, minimal kosa kata dasar seperti aku, kamu, dia, mereka, dan, yang, untuk, hari, apa, mengapa, tahu, tapi dan lain - lain.

Bagaimana Cara Belajar SIBI dengan Cepat ?
    Belajar SIBI susah - susah gampang, tapi kalau kita sering berlatih, berbagi dan mengamalkannya maka akan terasa mudah dan menyenagkan. Teknik belajar SIBI yang saya pakai ialah dengan mencover lagu menggunakan SIBI. Lirik pada lagu terkadang dekat dengan bahasa kita sehari - hari dan lebih cepat hafal gerakan kata demi katanya.

    Alhamdulillah sudah banyak yang mencoba hal seperti ini, biasa di temui halaman Instagram maupun Youtube dengan hastag #coversibi. Tidak sedikit teman yang ketagihan belajar dan mencover lagu seperti ini. Bermanfaat bagi kita sendiri juga orang lain, apalagi jika ada yang meminta bantuan belajar atau mengapresiasi dan mendukung karya kita.


YUK Kita Coba !
Selagi ada kesempatan untuk belajar dan berbagi terhadap sesama
Jalanmu dalam berbagi tidak selamanya terjal dan menakutkan.
Temukan keindahan saat sudut pandang mu beralih.
Bersabar lebih tinggi, Belajar tanpa henti, Jalani terus berlari, Hadapi dengan pasti.




1 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...