Apa itu PEMBATIK ?

        PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Apa Manfaat Mengikuti PembaTIK ?

Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini

Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional

Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar 

Apa Saja Syarat dan Ketentuannya ?

1.  Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjangyang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan.

2.  Guru Tetap Yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan

3.  Guru Honorer di Instansi Pendidikan Pemerintah/Swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.

4.  Mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas).

Tahapan Apa Saja yang harus dilalui ?


Ilustrasi Tahapan Pembatik

1. BIMTEK DARING LEVEL 1 (KONSEP DASAR)

Peserta masuk pada level 1 Literasi yang lebih membahas Konsep TIK Dasar, Definisi, Perangkat Konsep, Pemanfaatan TIK dengan sehat dan aman. Setelah menyelesaikan pembelajaran di kelas dan kuis di setiap Modulnya, peserta wajib mengikuti Ujian Akhir.

2. BIMTEK DARING LEVEL 2 (IMPLEMENTASI)

Peserta yang lolos Level 1, akan maju ke level 2. Peserta mengenal lebih jauh tentang pemanfaatan TIK untuk kegiatan pembelajaran, termasuk mengenal lebih dalam mengenai Rumah BelajarSetelah menyelesaikan pembelajaran di kelas dan kuis di setiap Modulnya, peserta wajib mengikuti Ujian Akhir dan menyelesaikan Tugas berupa Vlog implementasi Rumah Belajar pada kegiatan pembelajaran.

Berikut contoh Vlog Level 2 : Vlog Level 2

3. BIMTEK DARING LEVEL 3 (KREASI)

Peserta yang lolos Level 2, akan maju ke level 3. Peserta mengenal lebih jauh tentang pemanfaatan TIK untuk kegiatan pembelajaran. Setelah menyelesaikan pembelajaran di kelas dan kuis di setiap Modulnya, peserta wajib mengikuti Ujian Akhir dan menyelesaikan Tugas berupa Media Pembelajaran Interaktif atau Video Pembelajaran.

Berikut contoh Vlog Level 3 : Video Pembelajaran Level 3

4. BIMTEK DARING LEVEL 4 (TINGKAT PROVINSI)

Semua peserta yang lolos Level 4, belum tentu masuk dan melanjutkan ke tahap level 4. Peserta level 4 ini terdiri dari 30 peserta mewakili Jawa Barat yang disebut dengan SRB (Sahabat Rumah Belajar). Sistemnya peserta level 4 dihubungi langsung oleh panitia / DRB Prov. terdahulu yang nantinya akan dikerucut 5 peserta terbaik dan pada akhirnya memilih 2 peserta terbaik untuk dinobatkan menjadi DRB (Duta Rumah Belajar). Peserta mengikuti kuliah umum dan coaching oleh para DRB dan menyelesaikan tugas yang ada, seperti membuat Vlog, Blog, Tatap Maya / Vcon / Tatap Muka.


Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


YUK MENGUPGRADE KOMPETENSI KITA SEBAGAI GURU DI MASA MILENIAL INI !

TUNGGU APA LAGI ?

Informasi Selengkapnya

FAQ PEMBATIK 2020

 1500 005

 082113159067

 081315698315


0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...