Sudahkah Menjadi Guru Abad 21 ?

     Perubahan itu diawali dengan mindset yang berubah dan mengikuti zamannya. Bagaimana ciri nya? Kita sudah terbiasa berliterasi, mencari tau sendiri, respon adaptif dan selalu ada tindak lanjut. Sebagai guru abad 21 harus sudah memiliki kesadaran profesi dan kemempuan 4c's. Apa itu 4c's? Kolaborasi, Komunikasi, Berpikir Kritis dan Kreatif. Kualitas Pendidikan dilihat dari sisi Pembelajaran, Konten, Proses Pembelajaran dan Capaiannya. "Quality of education - ensuring that students actually learn". "Schooling is no equal with learning". Maka apa yang didapat oleh anak setelah belajar? untuk mengetahuinya maka assesment ini muncul agar tau mana yang harus diperbaiki dari siswa oleh kita dan sebagai reflesi diri. Berbicara tentang proses pembelajaran dan penilaian, sering kita dengar istilah Cognitive Processing, yaitu interaksi dengan sumber belajar, di proses oleh pikiran dan peraasaan dan diperoleh dengan pemahaman, kesadaran juga keterampilan.

     Sekarang masuk era industri 4.0 yang segalanya menggunakan TEKNOLOGI, yang menjadi alat untuk mewadahi, memfasilitasi kebutuhan manusia. Kemampuan guru tak bisa diganti dengan TEKNOLOGI atau Robot karna guru mendidik bukan mengajar artinya ada karakter dan nilai didalamnya. Dharapkan Guru Abad 21 jangan besar mulut apalagi besar kepala, tapi harus besar telinga, maka akan tercipta Guru Idola bagi siswa - siswi kita semua. Guru Idola itu seperti apa ? guru yang bisa menyentuh dan mengambil hati siswa-siswi nya, dengan begitu mereka akan tergerak, motivasi pun tergali, menjadi mandiri bahkan terciptanya koneksi batin antara guru dan siswa.

    Indonesia memasuki generasi emas 2045, 25 tahun lagi untuk mempersipakan semua, yang kemungkinan siswa - siswi kita yang sekarang kita didik di tahun 2020 kelak memasuki usia produktif bahkan yang akan memimpin dan mengambil keputusan untuk bangsa kita. Lantas bapa ibu guru hebat, mau menitipkan apa pada mereka ??

Generasi Emas 2045 ini salahsatunya mencetak genarasi solutif bukan banyak mengeluh. Kita sebagai Jawabarat optimis membentuk karakter yang diharapkan pemerintah, dengan program BANDUNG MASAGI :

1. Cageur (Sehat Jasmani Rohani)

2. Bageur (Karakter)

3. Bener (Tanggung Jawab, Mandiri, Jujur)

4. Singer (Kreatif, Kritis, Komunikatif)

5. Pinter (Pengetahuan, tapi akan mengikuti ketika 4 pilar diatas terlaksana) 

Pemerintah sudah mengarahkan pada Pelajar Pancasila, siapa mereka? mereka yang menjunjung tinggi dan menerapkan ke 6 poin profil pelajar pancasila.

1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

2. Berkebinekaan Global

3. Bergotong Royong

4. Bernalar Kritis

5. Kreatif

6. Mandiri

Jadi, sudahkah menjadi guru abad 21?


Dokumentasi Kegiatan






0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...