Kuis Pelajaran 1 Synchronous – Resilience : Tangguh & Teknologi

Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

Pelajaran 1 Synchronous – Resilience : Tangguh & Teknologi

1. Apakah itu resiliensi?

Kemampuan seseorang untuk bangkit dari desakan kemunduran (atau kegagalan)


2. Apa hubungan SAMR dengan resiliensi?

Mengetahui SAMR memberikan gambaran kita harus seberapa resilien


3. Apakah itu SAMR?

Tingkat kematangan seorang guru memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran


4. SAMR adalah singkatan dari…

Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition


5. Pernyataan yang BENAR tentang adopsi teknologi adalah

Saya harus fokus pada tingkat berpikir dalam pembelajaran murid


6. Dengan cara apa saya dapat menjadi resilien dalam mengembangkan kompetensi elearning saya?

Semua jawaban benar (Berikan waktu untuk belajar. Tidak perlu terburu-buru, Usahakan bisa belajar bersama orang lain untuk saling bertukar keterampilan dan dukungan semangat. Buat kelompok kecil, bergabung dengan komunitas, dll,  Tidak perlu tergoda dengan kecemasan bahwa harus sering belajar aplikasi baru.)


7. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Substitution?

Kegiatan pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).


8. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Redefinition?

Setelah adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.


9. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Modification?

Ada banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)


10. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Augmentation?

 Kegiatan pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.


11. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk sesi diskusi mandiri dan tanya jawab dengan murid. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat: Augmentation


12. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk metode ceramah. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat: Substitution


13. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya bisa bertemu dengan para pakar dan membawa murid saya ke luar kelas melalui field trip virtual. Pemanfaatkan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:  Modification


14. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya mengadakan festival webinar projek pameran dan/atau pentas virtual. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat.  Redefinition

0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...