Soal dan Jawaban Tahap 2 Aktivitas 4 Tes Formatif Asesmen Guru Belajar Inklusif

 Soal dan Jawaban Tahap 2 Aktivitas 4 Tes Formatif Asesmen

Bacalah contoh kasus berikut!

Nila berusia 7 tahun akan mendaftar di sekolah dasar. Hasil identifikasi menunjukkan Nila memiliki kecenderungan mengalami gangguan penglihatan Low Vision. Sekolah hendak melakukan asesmen kemampuan membaca kata untuk Nila, tetapi sekolah tidak memiliki data perkembangan kemampuan membaca Nila.

Berdasarkan kasus tersebut, jawablah pertanyaan No 1 sampai 3!

1. Indikator apa yang memungkinkan dilakukan asesmen untuk mengetahui kemampuan membaca Nila?  Membaca kata tunggal

2. Teknik pengumpulan data apakah yang disarankan untuk memperoleh data kemampuan membaca Nila? Tes, Observasi dan Wawancara.

3. Pihak yang tidak perlu dilibatkan untuk mengetahui kemampuan membaca Nila adalah? Pengawas Sekolah

4. Berdasarkan gambar 1, apakah kesalahan yang muncul dalam menuliskan indikator pada kemampuan membaca? Satu indikator hendaknya mencakup satu huruf saja yang perlu dilafalkan.

5. Selain tes lisan, teknik pengumpulan data apa lagi yang paling optimal untuk mengukur kemampuan membaca sebagaimana ditunjukkan gambar 1? Wawancara dengan orang tua.

0 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...