Tantangan dan Inovasi



"Jadikan tantangan sebagai peluang kita untuk berinovasi" Bpk. Tarjo Pengawas Zona A Kota Bandung.

Kegiatan pagi ini sangat berbeda dari biasanya, tak lagi stand by di sekolah dari pagi hingga absen pulang tiba. Loh Kenapa? Bolos ? Tentu tidak dong... saya mendapat tugas tambahan dari Kota untuk menyukseskan salah satu program dinas yang berkolaborasi dengan TV Bandung dan team Iyang Phadiyangan untuk video pembelajaran oleh guru - guru SD dan SMP Kota Bandung. Dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 29 September - 02 Oktober 2020 di Sekolah titik pusat Zona A yaitu SDN 196 Sukarasa Kota Bandung.

Saya bersama tim sudah pasti di fokuskan pada video pembelajaran SD, karena bertugas di SD. Banyak sekali pengalamannya dan lebih menantang... Mengatur Guru model, kameramen, pencatat waktu dan sutradara tentunya. Kita bisa melihat guru guru hebat yang gerogi ketika berhadapan dikamera, ada juga yang lucu sekali pembawaannya bahkan tak jarang ada juga yang membuat kita gereget dibuatnya. Nah Loh ?? Kok Bisa ??

Sebelum itu kita tengok dulu apa saja sih proses - proses yang di lalui ?

1. BIMTEK GURU MODEL
Bimbingan teknis disini lebih kepada pengecekan kesiapan guru model, mulai dari naskah, RPP, PPT, baju yang harus di gunakan, konten nya, waktu kedatangan ke studio dan menjawab kebingungan serta kendala bapa ibu guru model.
Ya... bisa dilihat dalam foto, tak ada persiapan khusus, tapi niatnya berbagi pengalaman dengan tujuan tidak menggurui tapi mungkin lebih kepada menginsiprasi dan mencarikan solusi dari kebingungan kebingungan yang ada.
Banyak sekali guru - guru saya, guru senior yang jauh lebih hebat dan banyak sekali pengalamannya di depan saya, gugup ? sudah jelas. Tapi senang nya tak dapat terukur dari cara mereka menyimak dan antusiasme dalam bertanya. Hingga akhirnya mereka meminta contoh script dan video yang telah saya buat kala itu, untuk menjadi acuan katanya.



2. MENGHIMPUN KELENGKAPAN
    Kelengkapan data sangat penting, untuk acuan sutradara ketika take dan tim editor. Kelengkapannya berupa RPP, PTT Materi dan Aset. Kenapa RPP? kita bisa melihat KD, Indikator, Tujuan dan evaluasi yang digunakan, kegunaan lainnya memudahkan ketika kelak akan di upload ke PUBER atau SAKOJA milik Kota Bandung, yang dapat diakses oleh Siswa dan Guru - Guru Kota Bandung. PPT ? perlu? perlu agar tau konsep atau alur yang diinginkan guru model tersebut pada tim editor maupun sutradara. Terakhir Aset, didalamnnya bisa gambar, gif maupun video yang diusahakan tidak copyright, berbentuk png dan ukuran 1mb agar tidak buram dan pecah.

3. BRIEFING


Kegiatan Briefing ini gunanya untuk mengecek kesiapan dan pembagian tugas atau penegasan alur acara di hari tersebut. Kegiatan Briefing dihadiri oleh Bapa Pengawas, Perwakilan Kepala Sekolah, Pengurus Zona, Crew dan perwakilan guru model.

4. TAKE

Ini yang paling mengesankan. Biasanya saya sendiri membuat video untuk durasi +- 7 menit membutuhkan waktu 30 menit, ya saya pikir untuk durasi 15 menit di tayangkan di TV Bandung paling lama pasti take nya 60 menit. Taunya....
1 orang bisa 2 jam bahkan 3 jam lebih, yang di estimasikan 36 guru bisa selesai 3 hari dengan 2 studio ternyata gagal, take nya jadi 4 hari, senin hingga jumat, dari pagi sampai malam hingga melewati 4 adzan bersama - sama.
Dibawa enjoy, happy dan lillah, karna jika bukan kita siapa lagi yang akan mewadahi dan memfasilitasi banyak guru model bertalenta di Kota Bandung ini, khususnya Zona A.

5. EVALUASI
Tak kalah penting, karena evalusi bertujuan agar hari - hari esoknya lebih baik dan maksimal. Kapan? bisa lihat sendiri dari pengambilan gambar diatas kan kira - kira pukul berapa evaluasinya :)
Tapi super keren sih... Terimakasih banyak :)


6. EDITING
Ini yang paling gak di tunggu, karna pengerjaannya bisa lebih dari take, 1 video kadang bisa saya tuntaskan paling cepat 1 hari.. 
tapi disini kita harus kerja cepat, kerja tuntas, kerja ikhlas !
diberi waktu +- 3 hari mengedit untuk 5 video, tantangan sekali bukan? hari yang di gunakan pun hari weekend, berkorban? tentu. mengeluarkan tenaga? sudah jelas. Tapi seperti prinsip hidup..
"Lakukan apa yang bisa lakukan, Usahakan apa yang diperlukan, agar Kebermanfaatannya jauh lebih bermakna".

7. VALIDASI

1 komentar

Menghargai Peran Guru: Sebuah Refleksi Pada Hari Guru

Hari Guru adalah saat yang istimewa bagi para pendidik di seluruh dunia. Sebuah kesempatan bagi kita semua untuk merenung, menghormati, dan ...